Mungkin sebenarnya bukan karena negaranya, tetapi musimnya. Kebetulan pada bulan Ramadan kali ini bagian utara bumi sedang mengalami musim panas, sehingga, waktu siang lebih panjang daripada biasanya. Karena itu, waktu puasanya lebih panjang pula.

Tetapi karena puasa ikut penanggalan hijriyah, maka dari tahun ke tahun, awal puasa akan semakin maju. (Beberapa tahun yang lalu natal dan lebaran hampir bersamaan kan tglnya, sekarang sih sudah maju sampe bulan Julii). Misalnya, Ramadan datang pada bulan Januari, di belahan bumi utara sedang musim dingin, waktu malam lebih panjang, otomatis waktu puasa akan semakin pendek.
Berikut adalah 8 Negara Dengan Durasi Puasa Terlama Tahun Ini



1. Rusia

Durasi: 19 Jam 57 Menit


Rusia sepertinya menjadi negara paling berat saat anda menjalani puasa Ramadan. Bayangkan saja, umat Muslim di Provideniya sudah harus menyelesaikan makan sahur pada pukul 01.46 dini hari dan baru boleh berbuka saat adzan magrib berkumandang di pukul 21.43 malam. Bisa membayangkan?

2. Inggris

Durasi: 18 Jam 5 Menit

Ingin bisa berpuasa Ramadan di negeri Harry Potter? Maka setidaknya anda harus kuat menahan lapar dan haus selama lebih dari 15 jam. Bayangkan saja, muslim di London mendengar tanda imsak pada pukul 02.45 dini hari dan baru boleh berbuka pada pukul 20.50 malam. Semoga saja tak saat musim panas ya.

3. Amerika Serikat

Durasi: 15 Jam 47 Menit

Saat anda harus berpuasa di kota super megapolitan New York, maka anda memang harus lebih kuat menahan hawa nafsu termasuk lapar dan haus. Menjadi imigran di Amerika Serikat saat bulan suci Ramadan maka puasa dimulai imsak saat pukul 04.25 dan baru akan berbuka pada pukul 20.12 malam. Hmm, itu sudah selesai salat tarawih di Indonesia ya.

4. Jepang

Durasi: 15 Jam 36 Menit

Tinggal di Tokyo menyenangkan karena dipenuhi berbagai gadget dan alat transportasi super canggih? Memang, namun bagaimana jika anda ada di sana saat menjalani puasa Ramadan? Muslim di Jepang disebutkan memulai puasa saat imsak pukul 03.11 dan baru akan berbuka pukul 18.47 nanti.

5. Arab Saudi

Durasi: 14 Jam 30 Menit

Kalau anda memilih melakukan ibadah umroh saat bulan suci Ramadan. maka andaharus bersiap-siap untuk melakukan puasa lebih panjang dari yang biasa kamu lakukan di Indonesia. Karena Mekkah memulai imsak pada pukul 04.31 dan baru berbuka pada 19.01 malam.

Pertanyaan: Kenapa durasi puasa di setiap negara bisa berbeda-beda?

Jawaban: Miringnya sumbu rotasi bumi ini menyebabkan beberapa daerah di bumi khususnya daerah-daerah yang berada di belahan bumi utara dan selatan (> 23,5° lintang) mengalami empat musim. Empat musim itu antara lain musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Musim panas di belahan bumi utara terjadi karena posisi miringnya sumbu rotasi bumi menyebabkan sinar matahari lebih lama bersinar. Musim Dingin belahan bumi selatan mengakibatkan matahari bersinar lebih singkat dan malam yang lebih panjang.
Pemberlakuan khusus untuk daerah yang memang memiliki malam dan siang yang panjang, kita ambil khusus kutub utara yang mempunyai lintang 0 derajat, yang mempunyai malam hampir 24jam dan siang 24jam, maka kamu bisa mengambil waktu di daerah terdekat kamu, misalkan kamu mengambil waktu berpuasa daerah rusia, atau madinah pun tidak apa2. yang dimana perberlakuan khusus hanya untuk daerah yang mempunyai lintang 0 derajat.

Itulah 5 Negara Dengan Durasi Puasa Terlama Tahun Ini dan penjelasannya kenapa bisa terjadi perbedaan waktu berpuasanya

Source :



 
Top