Mumi adalah sebuah mayat yang diawetkan, dikarenakan perlindungan dari dekomposisi oleh cara alami atau buatan, sehingga bentuk awalnya tetap terjaga. Ini dapat dicapai dengan menaruh tubuh tersebut di tempat yang sangat kering atau sangat dingin, atau ketiadaan oksigen, atau penggunaan bahan kimiawi.
Mumi paling terkenal adalah mumi yang dibalsam dengan tujuan pengawetan tertentu, terutama dalam Mesir kuno. Orang Mesir percaya bahwa badan adalah tempat Ka seseorang yang sangat penting dalam masa setelah hidup.
Di Cina, telah ditemukan dari peti mati sipres yang tenggelam dengan menggunakan tanaman obat-obatan, dan berikut adalah 6 penemuan mumi utuh yang nerumur ratusan tahun.



1. Gadis Inca 500 Tahun

Mumi Inca

Ini adalah sebuah fakta yang mengejutkan, namun juga ironis. Suku Indian di masa lampau memiliki sebuah ritual untuk mempersembahkan korban pada dewa-dewa yang mereka anut. Namun, suatu ketika di era modern ini, ditemukan jasad gadis Inca yang masih dalam keadaan baik, namun jasadnya sudah berusia 500 tahun lebih.

Kejadian ini terjadi di tahun 1999 di mana peneliti menemukan mumi gadis yang diperkirakan berusia 15 tahun saat dikorbankan ini. Konon, ia adalah salah satu gadis dengan dengan kondisi tubuh yang sempurna, sehat dan cantik. Namun sayang, ia hidup untuk dipersiapkan menjadi sesembahan bagi dewa.

Gadis ini tidak dibunuh langsung, melainkan diletakkan di puncak gunung untuk mengawasi pedesaan, seperti malaikat pelindung. Ritual ini bernama Capacocha.

2. The Boys Of llullaillaco & The Lightning Girl

llullaillaco

Mumi ini ditemukan mengenakan hiasan kepala megah, yang berarti dia mungkin seorang aclla atau Sun Virgin. Artinya, dia dipilih dan dikuduskan sebagai balita untuk hidup dengan gadis-gadis lain dan perempuan yang akan menjadi istri raja, pendeta, dan pengorbanan. Dia juga mengenakan gaun cokelat dan dikuburkan dengan beberapa patung. Rambutnya dikepang rumit, dan dia memiliki rambut putih , mungkin menunjukkan stres emosional. Dia dan yang lainnya diyakini telah dibius dengan chicha , bir jagung, bersama dengan daun koka, sebelum ditinggalkan di gunung. 

Boy mumi 
Beberapa pakaian anak itu terkandung muntah bercampur darah, menunjukkan bahwa ia mungkin telah menderita edema paru. Hal ini diyakini bahwa dia meninggal karena sesak napas. Dia adalah satu-satunya mumi untuk diikat, dan sepotong kain telah ditarik di sekelilingnya cukup ketat untuk memecahkan tulang rusuknya dan Punggungya.

The Lightning Girl
Tubuh anak ini terkena petir beberapa saat setelah kematiannya. Dia mengenakan hiasan kepala dengan pelat logam di atas alisnya. Ia dimakamkan dengan guci yang dibuat sekitar Danau Titicaca dan Cuzco, menunjukkan seberapa jauh dia bisa bepergian. Dia adalah satu-satunya dari tiga yang wajahnya menghadap ke atas.

3. Mummy Juanita


Pada September 1995, selama pendakian Mt. Ampato (20.700 kaki), Reinhard dan Zárate menemukan bundel dalam kawah yang jatuh dari sebuah situs Inca di puncak. Betapa terkejutnya mereka, bundel ternyata berisi tubuh beku seorang gadis muda. Mereka juga menemukan banyak item yang telah ditinggalkan sebagai persembahan kepada para dewa Inca bertebaran lereng gunung bawah tubuh yang telah jatuh. Ini termasuk patung dan makanan. Beberapa hari kemudian, tubuh dan barang-barang diangkut ke Arequipa, di mana mayat itu awalnya disimpan di lemari es khusus di Universitas Katolik.

Lebih dari dua mummi es yang ada disana, seorang gadis muda dan anak laki-laki, ditemukan dalam sebuah ekspedisi arkeologi dipimpin oleh Dr Reinhard dan Prof Jose Antonio Chavez pada bulan Oktober 1995, dan mereka pilih mumi wanita lain pada Ampato pada bulan Desember 1997. Karena mencair akibat abu vulkanik dari letusan gunung berapi di dekatnya Sabancaya , sebagian besar situs pemakaman Inca telah runtuh ke dalam sebuah alur yang mengarah ke kawah. Reinhard menerbitkan laporan rinci tentang penemuan dalam bukunya yang berjudul 2006, The Ice Maiden: Inca mumi, Mountain Gods, dan Situs Suci di Andes.

4. Xin Zhui ( Lady Dai )
Xin Zhui


Xin Zhui ( Cina : 辛追), juga dikenal sebagai Lady Dai, adalah istri dari Marquess Li Cang (利苍) (w. 186 SM), kanselir untuk wilayah kekuasaan kekaisaran Changsha selama Dinasti Han . Dia diawetkan menjadi mumi adalah untuk catatan temuan arkeologi .

Mayatnya ditemukan pada tahun 1971 dekat kota Changsha . Kulit mayat itu kenyal dan lembut. Marks dari kain yang digunakan terlihat. Tubuhnya bisa menjadi bengkok, rambutnya masih lengkap. Darah ditemukan dalam pembuluh darahnya, dan semua organ internal masih utuh.

5. Tollund Man
Tollund Man


Pada tanggal 6 Mei 1950, Viggo dan Emil Højgaard dari desa kecil Tollund yang memotong gambut di Bjældskovdal rawa gambut, 12 kilometer (7,5 mil) barat Silkeborg , Denmark . Saat mereka bekerja, salah satu dari istri-istri mereka, yang ada membantu untuk memuat gambut di kereta, melihat di lapisan gambut mayat begitu segar, mereka hanya bisa berasumsi bahwa mereka telah menemukan korban pembunuhan baru-baru ini, dan setelah banyak pertimbangan antara para pekerja, dia diberitahu polisi di Silkeborg. Menemukan dilaporkan ke polisi pada Selasa 8 Mei 1950 dan mereka bingung oleh tubuh itu, dan dalam upaya untuk mengidentifikasi waktu kematian, mereka membawa profesor arkeologi PV Glob . Setelah pemeriksaan awal, Glob menyarankan bahwa tubuh berusia lebih dari dua ribu tahun dan kemungkinan besar korban dari pengorbanan . 

The Tollund Man berbaring 50 meter (160 kaki) dari tanah perusahaan, terkubur di bawah sekitar 2 meter (6,6 kaki) dari gambut, tubuhnya diatur dalam posisi janin. Dia mengenakan topi kulit runcing yang terbuat dari kulit domba dan wol , Ada sabuk kulit halus di pinggangnya. Selain itu, mayatnya memiliki sosok yang terbuat dari anyaman hewan menyembunyikan ditarik ketat di sekitar leher dan trailing di punggungnya. Selain itu, tubuh pun telanjang . Rambutnya dipotong sangat pendek untuk menjadi hampir seluruhnya tertutup oleh topinya. Ada tunggul pendek (1 mm ) ke dagu dan bibir atas, menunjukkan bahwa ia tidak bercukur pada hari kematiannya. 

6. The Beauty of Xiaohe
the Beauty of Xiaohe

The Beauty of Xiaohe adalah salah satu mumi yang ditemukan di Sungai Pemakaman kecil dekat ujung timur Sungai Tarim di padang gurun.

Pemakaman ini tanggal kembali ke 1970 SM. Ditemukan kembali pada tahun 1934 Masehi oleh arkeolog Swedia Folke Bergman ... dan kemudian dilupakan, sampai ekspedisi Cina menemukannya lagi dengan bantuan sistem GPS. Arkeolog memulai penggalian pada tahun 2003.

Ketika mereka menggali ke dalamnya, mereka menemukan lima lapisan penguburan. Mereka menemukan hampir 200 tiang, masing-masing berdiri 4 meter. Banyak memiliki pisau , dicat hitam dan merah, seperti dayung. Di kaki masing-masing tiang ada perahu, diletakan terbalik dan ditutup dengan kulit sapi. Di dalam kapal mayat itu. The Beauty of Xiaohe mengenakan jubah wol besar dengan jumbai dan sepatu bot kulit. topi yang penuh menutupi kepala

Itulah 6 Penemuan Mumi Utuh Ratusan Tahun, Jangan Lupa Untuk Like Dan Share ya...!
 
Top