10 Lesser Dikenal Tapi Penting Senses Manusia

Kebanyakan orang berpikir bahwa hanya ada lima indra, tetapi orang lain yang berada di tahu benar-benar menempatkan angka di dua puluh satu. Jadi, ketika seseorang memberitahu Anda bahwa mereka memiliki indra keenam, mereka kemungkinan besar benar meskipun tidak berarti mereka bisa melihat masa depan.

Berbagai pilihan kami indera seringkali cukup mengejutkan kepada orang-orang, sampai mereka menyadari bahwa mereka menggunakannya setiap hari tanpa berpikir tentang hal itu. Banyak indera manusia yang kita ambil untuk diberikan yang sangat penting untuk fungsi biasa kami seperti yang Anda akan melihat:

10. Rasa Kepenuhan


Ketika Anda sudah cukup untuk makan dan minum, tubuh Anda tampaknya selalu membiarkan Anda tahu. Ternyata bahwa ini adalah rasa terpisah dalam tubuh Anda, yang melibatkan kelompok sendiri reseptor sensorik yang memberitahu Anda ketika Anda harus berhenti makan. Beberapa di antaranya adalah reseptor peregangan, yang memungkinkan Anda tahu bahwa perut Anda menjadi penuh.

Perut juga mengirimkan sinyal tertentu otak sebagai makanan digestedwhich berarti bahwa jika Anda makan makanan Anda perlahan-lahan, Anda akan merasa lebih kenyang daripada jika Anda makan jumlah yang sama dalam waktu yang lebih singkat. Otak Anda pada dasarnya membutuhkan waktu untuk mengejar ketinggalan dengan apa yang tubuh Anda lakukan.

9. Thermoception



Yang satu ini mungkin tidak terlalu mengejutkan tetapi penting untuk dicatat bahwa rasa panas dan dingin tidak hanya bagian dari rasa sentuhan, namun pada kenyataannya rasa terpisah sendiri.

Thermoreceptors kami mendeteksi panas dan dingin, antara lain membiarkan tubuh kita menyesuaikan diri dengan perubahan suhu di lingkungan kita. Sinyal termo-reseptor yang disampaikan melalui sumsum tulang belakang, dan akhirnya mencapai thalamus, di mana mereka memberitahu kami apa yang perlu kita ketahui.

8. Rasa Tingkat Oksigen




Tujuan dari "kemoreseptor perifer" adalah untuk mengawasi darah di arteri, pemantauan tingkat oksigen, serta jumlah karbon dioksida dan tingkat ph. Ini memberitahu tubuh Anda bila tingkat karbon dioksida yang terlalu tinggi, sehingga memungkinkan Anda untuk napas pada tingkat yang benar. Selain itu, tubuh Anda memiliki reseptor yang memberitahu Anda bagaimana penuh paru-paru Anda, sehingga otak Anda tahu kapan harus berhenti bernapas masuk

7. Kemoreseptor Pemicu Zona


Screen Shot 2013-04-30 At 7.38.20 Pm
The "chemoreceptor Pemicu Zone" pada dasarnya berkomunikasi dengan obat atau hormon yang dilakukan melalui tubuh Anda melalui aliran darah, selain itu, ia juga memberitahu tubuh Anda bila muntah.

Jika hal ini rusak, maka dapat menyebabkan teratur, muntah tak terkendali, atau kadang-kadang kerugian lengkap kemampuan untuk muntah. Kerusakan seperti ini biasanya terjadi sebagai akibat dari stroke.

6. Magnetoreception

Compass-1
Tahukah Anda bahwa tubuh Anda berpotensi dapat mengetahui arah Anda, berdasarkan arti dari medan magnet bumi? Sementara masih ada beberapa perdebatan mengenai seberapa mampu kita menggunakan hal ini benar, itu jelas akan sangat berguna untuk keperluan navigasi jika kita mampu memanfaatkan itu.

Beberapa orang tampaknya memiliki rasa luar biasa arah, dan tampaknya mungkin bahwa mereka mungkin menggunakan magnetoreception pada tingkat yang lebih maju daripada manusia rata-rata. Itu bahkan mungkin bagi beberapa orang untuk segera tahu arah mana mereka menghadap Utara atau Selatan tanpa menggunakan kompas. Rasa ini lebih umum dan lebih menonjol di antara hewan lain, seperti lebah, burung, dan bahkan sapi.

5. Rasa vestibular

Tightrope

Rasa vestibular juga dikenal sebagai "equilibrioception", yang terdengar seperti sebuah film pikiran-lipatan tertentu dibintangi Leonardo Di Caprio. Ini lebih dikenal sebagai "keseimbangan." Seperti banyak dari kita telah belajar dengan cara yang keras, rasa vestibular dapat sangat terhambat oleh minum alkohol dalam jumlah besar.

Rasa keseimbangan diatur oleh telinga batin Anda dan meskipun itu adalah bagian dari sistem yang terlibat dalam persidangan, hal itu dianggap sebagai rasa terpisah sama sekali.

4. Gatal


Sn-Itch
Ada banyak lagi untuk gangguan umum dari gatal daripada yang Anda kira. Sebagai permulaan, yang gatal kadang-kadang Anda telah benar-benar benar-benar terpisah dari rasa dari sentuhan, dan melayani fungsi penting.

Meskipun mungkin tampak lebih seperti gangguan daripada alat yang berguna, gatal tetaplah penting, karena mengirimkan pesan ke tubuh Anda bahwa ada sesuatu yang tidak sepenuhnya benar dengan bagian skin.Sometimes Anda kulit ini mungkin hanya kering, dan lain kali mungkin ada bug mikroskopis bersembunyi di folikel rambut Anda, yang perlu dihapus melalui menggaruk.

Diambil sederhana, gatal pada dasarnya adalah sinyal dari tubuh Anda ke otak Anda bahwa Anda perlu untuk melihat pada daerah yang terkena, dan mencari tahu apa yang terjadi.

3. Nosisepsi

Child-In-Pain-During-Circumsision

Nosisepsi adalah rasa yang memungkinkan Anda untuk merasakan sakit. Beberapa menyarankan bahwa ini harus disamakan dengan sentuhan tetapi meskipun keduanya sering digabungkan, nyeri masih sensasi yang sama sekali berbeda. Tidak hanya itu, tetapi beberapa peneliti percaya bahwa rasa sakit harus dipecah ilmiah menjadi tiga indra yang terpisah, masing-masing berkaitan dengan berbagai jenis nyeri: nyeri terletak di kulit, nyeri tulang yang melibatkan Anda, dan nyeri yang terasa di organ itu sendiri.

Sementara ini adalah lebih seperti subkategori dari indera terpisah, intinya adalah bahwa ada lebih banyak rasa sakit daripada memenuhi mata. Jika Anda tidak merasa sakit, Anda mungkin mengambil risiko atau menunda mengobati sesuatu yang serius, itu pada dasarnya sinyal bahwa tubuh Anda dalam kesulitan.

2. Chronoception


Chronoception adalah rasa berlalunya waktu. Sebagian besar dari kita memiliki persepsi yang cukup baik waktu, dan orang-orang muda terutama akurat dengan cara ini.

Bagian dari hal ini diatur oleh suprachiasmatic nucleus, yang adalah apa yang mengontrol ritme sirkadian. Meskipun kemampuan kita untuk merasakan berlalunya waktu secara keseluruhan sangat berguna, sering dapat tertipu seperti halnya indera kita yang lain. Kita semua memiliki hari-hari ketika kita merasa bahwa waktu berlalu lebih lambat atau lebih cepat daripada yang sebenarnya.

1. Proprioception



Proprioception dasarnya adalah rasa di mana lengan dan kaki dalam kaitannya dengan seluruh tubuh Anda. Ini adalah apa polisi sedang menguji, ketika mereka menyeret Anda keluar dari mobil untuk tes lapangan ketenangan dan membuat Anda mencoba hal-hal seperti menyentuh hidung dengan jari Anda. Kita semua mengambil pengertian ini untuk diberikan setiap hari tapi kami akan sangat kehilangan jika itu diambil dari kami.

Ada kasus yang jarang sebagian besar masih menjadi misteri bagi dokter di mana orang kehilangan rasa proprioception. Jika ini terjadi, tugas yang paling sederhana dan biasa membuka pintu, mengambil cangkir, menggunakan pensil menjadi tugas yang paling sulit. Orang-orang seperti harus hati-hati mengawasi setiap gerakan anggota badan mereka untuk menggunakan mereka berhasil.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget