4 Tips Ampuh Menghadapi Banjir Jakarta

Banjir JakartaMusim hujan berarti pertanda datangnya banjir. Jika rumah Anda sudah menjadi langganan banjir bisa mengunakan tips berikut bukan untuk mencegah banjir atau menghindarinya tetapi siap menghadapi banjir. Ada 4 langkah pengamanan yang perlu dilakukan untuk menghadapi rutinitas banjir, yakni :

1. Persiapan, Ganti kusen-kusen kayu yang memiliki resiko tinggi terendam banjir dengan kusen yang terbuat dari plastik atau logam alumunium. Walaupun membutuhkan biaya lebih besar, tetapi awet untuk jangka panjang. Segel dokumen penting dengan kotak kedap air dan letakkan pada posisi yang tinggi agar terhindar dari banjir.

2. Antisipasi, Ketika musim hujan mulai tiba, siapkan emergency kit yang akan dijelaskan pada paragraf di bawah. Tentukan titik aman dengan mengenali arah jalan yang lebih tinggi dan mudah dicapai jika terjadi banjir.

3. Selama banjir, Matikan aliran listrik rumah. Menggunakan jalan yang aman dan tentukan harus pergi kemana jika tim darurat lokal meminta Anda untuk mengungsi.

4. Setelah banjir, jangan kembali ke rumah sampai pihak berwenang telah menyarankan bahwa daerah Anda telah aman. Periksa dan pastikan struktural bangunan aman. Periksa dan pastikan untuk menguji panel atau stop kontak listrik sudah kering dan aman. Jauhkan anak-anak dari daerah yang terkontaminasi saat membersihkan, karena anak-anak sangat rentan terkena penyakit setelah banjir. Sedangkan emergency kit sendiri merupakan alat-alat bantu yang berguna dalam keadaan darurat, seperti peristiwa banjir. Berikut emergency kit yang perlu Anda siapkan menjelang musim banjir,
1. Air minum kemasan dua liter per orang per hari. Siapkan botol minum kecil yang mudah dibawa-bawa.
2. Makanan kering atau instan yang tidak mudah rusak atau tercemar, seperti makanan kaleng, mie instan, minuman berenergi/vitamin.
3. Obat-obatan dan juga obat resep serta kelengkapan PPPK seperti kasa, obat merah, masker, pembersih luka dll termasuk krim pengusir serangga.
4. Tisu kering dan basah serta cairan antiseptic berbahan alkohol. 
5. Pembungkus plastik kedap air berguna ntuk menyimpan barang sensitif air tetapi harus tetap dibawa seperti handphone, remote mobil.
6. Pembuka kaleng, pembuka botol, pisau lipat
7. Perangkat bertenaga baterai seperti senter dan radio, jangan lupa simpan baterai kering secukupnya.
8. Kunci tambahan untuk mobil dan rumah Anda.
9. Uang receh sangat dibutuhkan pada saat genting, tidak hanya uang pecahan besar.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget