5 Referensi Penting Memilih Nama Domain

Ketika dunia internet sudah menjadi bagian dari suatu bisnis, maka domain menjadi begitu sangat penting untuk pelaku bisnis. Domain merupakan alamat rumah (baca: website) Anda di Internet. Dalam internet, ibarat orang ingin mengunjungi tempat bisnis, toko atau rumah sering disebut sebagai websita, maka mereka harus mengetikkan nama domain untuk sampai ditujuan yang tepat.

Pendaftaran sebuah nama domain di internet sebenarnya begitu mudah, Anda bisa membelinya melalui pengelola webhosting yang menyediakan jasa tersebut bisa dari yang berasal perusahaan luar negeri maupun lokal. Biaya yang dikenakanpun sangat murah mulai dari $9 atau Rp 100,000 per tahun.

Layaknya sebuah lokasi yang strategis, hal ini membuat sebuah nama domain menjadi demikian penting, karena ia juga menentukan tingkat keberhasilan bisnis Anda di internet. Maka Anda harus mulai merencanakan untuk mendapatkan ide sebuah nama domain yang bagus sesuai dengan kaidah-kaidah berikut.

1. Extension haruslah dotcom
Sebuah nama domain memiliki dua penanda yakni nama itu sendiri dan exntension domain atau akhiran. Extension domain seperti .com, .net, .org, .biz, .info, .gov dan banyak lagi. Bahkan untuk Indenesia ada .co.id, .web.id, go.id dan lainnya. Anda boleh saja memilih bisnisanda.net atau extension lainnya. Namun sebaiknya diusahakan untuk mendapatkan nama domain dengan akhiran .com , alasan utamanya adalah domain .com lebih dikenal semua orang dan merupakan top level domain.

2. Nama Yang Singkat Tapi Mudah diingat
Pada dasarnya semakin singkat sebuah nama domain semakin mudah diingat orang. Sayangnya domain .com dengan nama yang terdiri dari 6 huruf ke bawah sudah tidak mungkin Anda dapatkan, karena sudah habis terpakai. Namun jika sebuah nama singkat tetapi sulit diingt karena tidak memiliki arti seperti mdfrg.com atau lfgrtdf.com. Kecuali merupakan singkatan dari nama peusahaan.
Penggunaan kata dan penggabungan beberapa kata seperti bisnis.com akan bernilai puluhan jutaan rupiah. Dan akan turunnya nilai sesuai dengan jumlah kata yang dicantumkan. Misal nama bisnisanda.com bisa saj bernilai jutaan ribu rupiah berikutnya bisnisandaterbaik.com bernilai ratusan ribu rupiah. Namun jika bisnisandaaladahterbaik.com mungkin saja tidak bernilai samasekali, karena orang mulai sulit mengingatnya.

3. Mudah Dieja
Beberapa kata yang anda incar terkadang malah membuat sulit dieja, sehingga sering menghasilkan pengetikan yang salah. Hindari kata yang memiliki kumpulan huruf mati lebih dari dari 3 huruf bahkan 4, seperti infrastruktur.com atau penggunaan huruf yang sama secara berurutan yang sering membingungkan ketika diketikkan.

4. Menjelaskan
Banyak pengunjung datang dari search engine atau direct link langsung dari situs lain. Kebanyakan mereka tertarik untuk mengunjungi website Anda karena nama domain merupakan hal yang dicari. Website PanduanBlog.com sudah bisa ditebak berisi tentang pembuatan blog, template blog, optimasi blog, cara menulis blog. Bahkan nama domain yang menjelaskan menjadi keyword search engine, maka rangking website akan terangkat

5. Hindari Angka dan Notasi Penghubung
Hindari pemakaian notasi penghubung dan angka yang pasti sering membingungkan pengunjung. Walaupun terkadang membuat kita lebih mudah mendapatkan nama domain seperti bisnis-anda-100.com atau akan mudah didapat daripada bisnisanda.com. Atau bisnis100.com bisa saja tertukar dengan bisnisseratus.com.
Namun tidak berlaku jika nama tersebut ramai dikunjungi dari search engine. kebingungan akan terjadi ketika pengunjung ingin mengetikkan website secara langsung.


Pemilihan nama domain yang sesuai kaidah diatas bisnis Anda terkadang terhambat oleh pelaku bisnis yang bermain di urusan nama domain dan jumlah domain sudah berjuta-juta. Pada akhirnya, Anda harus mengeluarkan uang (jauh) lebih besar untuk mendapatkan sebuah alamat website yang bagus.

Jika kaidah-kaidah diatas sulit dipenuhi, jangan menyerah untuk mendapatkan nama domain lainnya. Karena banyak cara dan faktor untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget