Setelah Bahasa Jawa Kini Bahasa Bali Merapat Di Google

google bahasa jawaJakarta - Baru baru ini ada kabar menggembirakan yang patut membuat bangga warga Indonesia karena salah satu bahasa daerahnya dapat berada di mesin pencarian terbesar yaitu Google.

Bahasa daerah yang kini telah berada di Google itu adalah bahasa Bali. Sebelum bahasa Bali Google juga telah memasukkan bahasa Jawa sebagai salah satu bahasa yang dapat ditemui di mesin pencari buatan Sergey Brin, Larry Page itu.

Pengguna akan disambut dengan 'Rahajeng rauh ring Google' yang artinya Selamat Datang di Google. Bahasa Bali itu kini sudah dapat digunakan oleh pengguna Google Indonesia. Selain Bahasa Jawa yang lebih dulu lahir disana.

Bahasa Bali ini merupakan bahasa daerah yang kedua yang ada di Google Indonesia.Setelah bahasa Jawa. Dengan begitu pengguna dapat membaca teks dalam bahasa Bali, Jawa, Indonesia dan Inggris.

Proses penerjemahan bahasa Bali ini dilakukan pada bulan Maret dan April 2012 lalu. Mereka yang terlibat antara lain adalah Yayasan Dwijendra bersama BASAbali.org. Terdapat 45 mahasiswa dan ahli bahasa yang berasal dari Universitas Udayana, Balai Bahasa, dan Yayasan Dwijenda. Mereka semua saling bekerjasama dalam penyelenggaraan acara penerjemahan itu.

Dengan adanya hal ini membuat bahasa bali menjadi semakin berkembang. Sang ahli bahasa yang mengepalai BASAbali.org Windhu Sancaya mengungkapkan bahwa kemajuan yang telah diraih bahasa Bali dengan bergabung bersama Google merupakan prestasi yang luar biasa bagi masyarakat Bali khususnya. Windhu berharap hal ini dapat membantu mengembangkan bahasa Bali untuk kedepannya. Apalagi pada saat ini para generasi muda sangat gemar menggunakan internet dan teknologi informasi untuk berkomuniksi dan lain lain.

Selain itu Windhu Sancaya juga menambahkan bahwa langah luar biasa ini akan sangat guna untuk menciptakan kesadaran bagi mereka untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa sebagai bagian dari kehidupan mereka di tengah-tengah globaliasi seperti ini.

Rudy Ramawy yang menjabat sebagai Google Indonesia Head of Country menambahkan pihaknya dengan senang hati dan siap untuk membantu langkah Indonesia menyelamatkan warisan budaya-budaya bahasa mereka. Indonesia memang negara yang kaya budaya dan bahasa dan itu harus tetap dijaga agar tetap lestari.

perlu diketahui untuk penambahan bahasa Bali di Google ini tidak akan kita jumpai di Google Translate karena bahasa Bali ini hanya akan tersedia pada home page Google dan hasil pencariannya.

Sebagai bahasa daerah yang digunakan oleh 4 juta orang, kami berharap bahasa Bali di Google akan memudahkan lebih banyak lagi pengguna internet menemukan informasi yang mereka butuhkan," pungkas Rudy Ramary.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget